• HUT MARI 75
  • HUT RI 75
  • SIWAS MAHKAMAH AGUNG RI
  • https://ecourt.mahkamahagung.go.id/
  • https://www.lapor.go.id/
  • ZI
  • HB-Welcome
  • HB Visi
  • HB Misi
20201016 085306  20201016 085316

Jum’at, 16 Oktober 2020 - Ketua Pengadilan Agama Padang Sidempuan bersama seluruh aparatur Pengadilan Agama Padang Sidempuan melaksanakan Jum’at bersih berupa kerja bakti membersihkan halaman Kantor pengadilan. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB diawali dengan membersihkan, merapikan dan menanam pohon di halaman Kantor Pengadilan Padang Sidempuan. Dengan terciptanya lingkungan kantor yang bersih, asri dan taman yang indah diharapkan para pihak berperkara yang datang ke Pengadilan Agama Padang Sidempuan merasa nyaman selama menjalani proses berperkara sehingga kualitas pelayanan publik meningkat dalam rangka mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan.

20201016 085633Ketua Pengadilan  20201016 090258 Ibu Dharma Yukti Karini 20201016 085856Hakim 20201016 085316Sekretaris dan Kepala SUB Bagian Umum dan Keuangan

Jum’at bersih kali ini tidak seperti hari-hari biasanya, Ketua Pengadilan Agama Padang Sidempuan mengajak seluruh aparatur peradilan, Ibu Dharmayukti Karini serta diikuti juga Advokat yang menjalin kerja sama sebagai anggota Posbakum untuk melakukan reboisasi penanaman beberapa tanaman di halaman kantor Pengadilan Agama Padang Sidempuan. Penanaman bibit buah tersebut dimaksudkan agar halaman kantor terlihat asri dan kaya akan buah yang nantinya bisa dinikmati bersama, baik dikonsumsi oleh masyarakat pencari keadilan atau bahkan oleh aparatur pengadilan sendiri. Bibit buah yang ditanam seperti Mangga, Kelengkeng, Jambu Air, Alpukat, ada juga bunga anggrek yang semua itu didapatkan dari hasil iuran bersama antar pegawai.  Meskipun penanaman bibit buah ini tidak secara langsung berbuah pada saat itu juga, namun kami berharap suatu saat nanti entah 5 sampai 10 tahun lagi bisa dilakukan panen raya.

Halaman kantor Pengadilan Agama Padang Sidempuan yang luas ini sangat perlu perawatan optimal secara berkesinambungan. Hal ini dimaksudkan selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga karena dengan lingkungan yang bersih, indah, dan rapi, akan tercipta nuansa suasana kerja yang nyaman serta akan menambah semangat bekerja.

Semua Pegawai terlihat semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Beberapa Pegawai terlihat melakukan penanaman beberapa bibit tanaman, mencangkul tanah, memberi pupuk / sekam dan menyiram secara bergiliran. “Kegiatan ini harusnya dilakukan tiap minggu sekali pada hari Jum’at, karena jika lingkungan bersih kerja kita bersih, kerja menjadi nyaman, kantor menjadi rindang dan segar.” Ujar Ketua Pengadilan Agama Padang Sidempuan.

Sekretaris Pengadilan Agama Padang Sidempuan, Bapak Amiruddin Isas, S.H.I menambahkan, “Kekompakan dari semua aparatur pengadilan terlihat di sini, meski dibedakan di berbagai posisi semua pegawai terlihat saling gotong royong”.

Halaman Pengadilan Agama Padang Sidempuan yang berukuran sangat luas, untuk menjaga kebersihan dan kerapihan kantor tidak cukup hanya dengan mengandalkan tenaga cleaning service yang telah ditunjuk, untuk itu kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan. Tujuannya bukan sekedar untuk menjaga kebersihan dan kerapihan gedung agar tercipta suasana asri, rapih dan nyaman, namun diharapkan pula bisa mempererat kebersamaan seluruh aparatur Pengadilan Agama Padang Sidempuan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam. Setelah itu para pegawai kembali melanjutkan aktivitasnya masing – masing.

 

20201016 085633Ketua Pengadilan  20201016 090258 Ibu Dharma Yukti Karini

Pembinaan 1

Mahkamah Agung kembali menyelenggarakan Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial sejak masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembinaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Pembinaan secara virtual diselenggarakan untuk para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris pada pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama untuk empat Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia  yang dilaksanakan di Kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Pengadilan Agama Padangsidempuan mengikuti acara pembinaan virtual secara khidmat. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Hymne Mahkamah Agung. Ketua Pengadilan Agama Padangsidempuan, Dr. Ahmad Kholil. R., S.Ag., M.H, beserta Hakim, Muhammad Rujaini Tanjung, S.H dan Achmad Sofyan Aji Sudrajad, S.H, dan Panitera (Nelson Dongoron, S.Ag., S.H., M.M), serta Sekretaris (Amiruddin Isas, S.H.I) mengikuti pembukaan pembinaan tersebut hingga selesai acara berlangsung.
Pembinaan 2

Dalam sambutanya KMA mengutarakan bahwa sebagai bentuk respon tanggap cepat menghadapi pandemi ini, Mahkamah Agung telah menerbitkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 beserta perubahannya, Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2020  sebagai perubahan dari Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2020 serta Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2020 dan Baru-baru ini Mahkamah Agung telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Pidana di Pengadilan Secara Elektronik khusus untuk perkara pidana, pidana militer dan jinayat. Saat ini juga dikaji penerapan e-litigasi untuk peradilan tingkat banding, serta sedang dikaji pula pengembangan pelaksanaan mediasi secara elektronik.

Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020, diiringi dengan penetapan Covid-19 sebagai bencana nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tanggal 13 April 2020, tatanan hidup, relasi sosial dan pola kerja dan interaksi manusia menjadi berubah drastis. Hukum sebagai salah satu aspek penting dalam kehidupan sosial dan bernegara tidak pula luput dari dampak penyebaran virus ini.

KMA selalu memberikan himbauan secara langsung untuk seluruh warga peradilan agar mentaati protokol kesehatan dengan secara disiplin menerapkan 3 M yaitu : Mencuci Tangan, Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak, serta menyesuaikan diri dengan adaptasi kebiasaan baru. Disiplin dalam menaati protokol kesehatan akan melindungi kita dan orang-orang di sekitar kita. Beliau juga berpesan untuk tetap semangat dan jangan lupa selalu berdoa kepada Allah SWT, agar kita semua senantiasa tetap sehat dan pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir.

Lebih lanjut KMA mengungkapkan berkaitan dengan program pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM tersebut, beliau mengingatkan kepada seluruh Pimpinan, Hakim dan aparatur peradilan untuk mematuhi Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2020 yang telah melarang dilakukannya pungutan dan pembebanan bagi acara pelantikan maupun kegiatan dinas lainnya. Termasuk pula seluruh biaya kegiatan pembinaan ini yang sepenuhnya ditanggung oleh DIPA Mahkamah Agung.

Point terakhir dalam pembinaan ini, KMA menyampaikan sebagai tindak lanjut dari keluarnya Peraturan Presiden tersebut, Mahkamah Agung telah  menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya, yang diiringi dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 209/KMA/SK/VIII/2020 tentang Penetapan Kelas Jabatan Pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya, dan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 210/KMA/SK/VIII/2020 tentang Penyesuaian Tunjangan Kinerja Berdasarkan Kelas Jabatan Pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

PS 2Jumat (09  Oktober 2020) Majelis hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan melaksanakan Pemeriksaan Setempat di daerah Lingkungan X, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan. Pelaksanaan Pemeriksaan Setempat lanjutan tersebut atas perkara Harta Bersama Nomor : 174/Pdt.G/2020/PA.Psp antara Wardah Lubis binti H. Jafar Lubis sebagai Penggugat melawan Beni Amriadi bin Amaron Nasution sebagai Tergugat. Pemeriksaan setempat tersebut dihadiri oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan (Syams Eliaz Bahri, S.Sy / Ketua Majelis, serta Hakim Anggota Muhammad Rujaini Tanjung, S.H  serta Achmad Sofyan Aji Sudrajad, S.H), Panitera Pengganti (Danil Isnadi, S.H.I), Ahmad Junaidi, S.Sos (Sopir) dan Tim pengukur dari BPN dua orang. Dalam keadaan ini, Penggugat tidak menghadiri pemeriksaan setempat, sedangkan Tergugat yang di dampingi Kuasa Hukumnya tidak bisa menghadiri pada waktu yang sudah ditentukan.

Pemeriksaan setempat ini merupakan lanjutan dari agenda hari sebelumnya yakni Kamis, 08/10/2020 dengan perkara Harta Bersama. Ketua Majelis membuka proses pelaksanaan pemeriksaan setempat tersebut di ruang sidang Pengadilan Agama Padangsidempuan yang kemudian dilanjutkan dengan check lokasi secara langsung. Adapun objek yang dijadikan tempat pemeriksaan setempat tersebut berada di Lingkungan X, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa kebun sawit seluas kurang lebih 16 hektar.

Pelaksanaan pengukuran objek lahan sawit tersebut, Majelis Hakim sudah berupaya meminta bantuan kepada tim pengukur dari BPN dan mendapatkan persetujuan dari kantor BPN secara langsung. Tim Pengukur dari BPN sudah membawa alat-alat ukur yang sudah siap untuk digunakan setibanya nanti di lokasi.

Selama empat (4) jam perjalanan darat menuju ke objek pemeriksaan dengan kondisi cuaca yang sedikit ekstrim, hujan dan jalan yang berlumpur tetap kami laksanakan ke lokasi. Setelah setibanya di pintu masuk PT. ANJ (Austindo Nusantara Jaya) Tbk yang bergerak di bidang produksi dan penjualan minyak kelapa sawit, inti sawit dan hasil pangan berkelanjutan kami harus meminta izin kepada unit penjaga gerbang. Setelah mendapatkan izin memasuki perkebunan sawit tersebut, kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi. Sesampainya di perbatasan antara PT dan Kelurahan Pardomuan, ternyata terjadi banjir yang mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan pemeriksaan setempat tersebut.

Kondisi demikian (banjir) mengakibatkan pemeriksaan setempat tidak bisa dilaksanakan dikarenakan ketinggian banjir sekitar perut orang dewasa dan jalanan yang dilalui tidak bisa dilewati. Oleh sebab itu, Ketua Majelis berpendapat bahwa untuk agenda pemeriksaan setempat ini tidak dapat dilaksanakan dengan alasan kondisi alam berupa banjir di wilayah perbatasan PT. ANJ dengan Kelurahan Pardomuan.

 ps marancar
Kamis (08  Oktober 2020) Majelis hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan melaksanakan Pemeriksaan Setempat (gerechtelijke plaatsopneming, check on the spot, descente) di daerah Desa Marancar Godang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan. Pelaksanaan Pemeriksaan Setempat tersebut atas perkara Harta Bersama Nomor : 174/Pdt.G/2020/PA.Psp antara Wardah Lubis binti H. Jafar Lubis sebagai Penggugat melawan Beni Amriadi bin Amaron Nasution sebagai Tergugat. Pemeriksaan setempat tersebut dihadiri oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan (Syams Eliaz Bahri, S.Sy / Ketua Majelis, serta Hakim Anggota Muhammad Rujaini Tanjung, S.H  serta Achmad Sofyan Aji Sudrajad, S.H), Panitera Pengganti (Danil Isnadi, S.H.I), Andri Irama Daulay, S.HI., Ahmad Junaidi, S.Sos., Rahmat Fazari, S.E dan Dedi Saputra, S.HI sebagai tim pengukur internal kantor pengadilan, Penggugat (Wardah Lubis binti H. Jafar Lubis), Tergugat (Beni Amriadi bin Amaron Nasution) di dampingi Kuasa Hukum Tergugat serta Sekretaris Desa Marancar Godang.

Pemeriksaan ini merupakan yang keempat kalinya di tahun 2020 ini yang dilakukan oleh Mejelis Hakim PA Padangsidempuan. Sebelumnya pada bulan September lalu Majelis Hakim juga melakukan pemeriksaan terhadap obyek perkara yang terletak di daerah kecamatan Padang Bolak yang perkaranya masih dalam proses kesimpulan.
ps p bolak

Bapak Syams Eliaz Bahri, S.Sy di sela-sela proses pemeriksaan setempat kali ini menjelaskan “Berdasarkan ketentuan Pasal 180 RBG yaitu :  Apabila dianggap perlu, dapat dilakukan pemeriksaan setempat oleh Hakim sebagai keterangan dalam mengambil keputusan. Oleh karenanya pemeriksaan setempat ini bertujuan Untuk mengetahui dengan jelas dan pasti tentang objek sengketa dari letak, luas, batas-batas serta dari segi kualitas dan kuantitas objek dimaksud serta untuk mencocokan bukti tertulis di persidangan dengan kondisi di tempat objek sengketa” ucapnya.

 PS 1  PS 1 a

Adapun objek pemeriksaan setempat yang dilakukan oleh tim berada dalam tiga (3) lokasi. Pertama, berada di Desa Marancar Godhang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa lahan perkebunan. Kedua, berada di Desa Telo, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa tanah yang di atasnya terdapat bangunan rumah dan sebelahnya berupa rumah kontrakan empat (4) pintu. Ketiga, berada di Desa Desa Telo, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa sawah.

Pelaksanaan pengukuran beberapa obyek tersebut yang dilaksanakan oleh tim ukur (Andri Irama Daulay, S.HI., Ahmad Junaidi, S.Sos., Rahmat Fazari, S.E dan Dedi Saputra, S.HI)  sesuai dengan petunjuk dan diawasi langsung oleh Hakim Anggota dan ikut juga Pihak Penggugat, Tergugat yang didampingi Kuasa Hukum Tergugat berjalan dengan lancar meskipun  lokasi  banyak terdapat tumbuhan dan bersebelahan dengan sungai serta dengan kondisi alam yang waktu itu hujan deras.

Setelah melaksanakan agenda pemeriksaan setempat tersebut, kemudian tim langsung beranjak meninggalkan beberapa lokasi yang menjadi obyek sengketa tersebut. Ketua Majelis beranggapan, “Pemeriksaan Setempat untuk tiga objek yang telah dilakukan hari ini sudah selesai dan untuk sisa objek lainnya berupa kebun sawit yang letaknya berbeda dengan objek yang saat ini, maka akan dilaksanakan esok hari dikarenakan hari sudah sore dan cuaca hujan deras serta berkabut”. Setelah berlangsung dengan aman dan tertib selama lebih kurang 7 jam dan dirasa cukup, maka Majelis Hakim menutup sidang Pemeriksaan Setempat pada hari itu dan melanjutkan esok harinya.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan pemeriksaan setempat ini baik aparat desa yang turut membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar” Ujar Ketua Majelis.

Senin,12 Oktober 2020 ,Ketua Pengadilan Agama Padangsidempuan DR. A. Kholil R,S.Ag.,S.H.,M.H menghadiri pembukaan bintek PPIK yang dilaksanakan di PIA Hotel kabupaten Pandan. Bertempat di aula PIA Hotel Pandan acara di buka oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Acara tersebut merupakan acara pembinaan terhadap para sekretaris dan pengelola keuangan di satuan kerja di wilayah 4 Pengadilan Tinggi Agama Medan. Acara dimaksud memberikan pengarahan dan bedah berkas terhadap pengelolaan keuangan di satuan kerja.

Dalam pembukaan tersebut wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan juga memaparkan kebijakan umum dari Pengadilan Tinggi Agama Medan, serta menjelaskan setiap kebijakan tersebut untuk membuat Pengadilan itu menjadi Pengadilan Modern yang berkelas dunia. Acara pembukaan diakhiri dengan foto bersama.

 

 

 

  • dukacita.jpg
  • ucapann.jpg