• HUT MARI 75
  • HUT RI 75
  • SIWAS MAHKAMAH AGUNG RI
  • https://ecourt.mahkamahagung.go.id/
  • https://www.lapor.go.id/
  • ZI
  • HB-Welcome
  • HB Visi
  • HB Misi

 ps marancar
Kamis (08  Oktober 2020) Majelis hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan melaksanakan Pemeriksaan Setempat (gerechtelijke plaatsopneming, check on the spot, descente) di daerah Desa Marancar Godang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan. Pelaksanaan Pemeriksaan Setempat tersebut atas perkara Harta Bersama Nomor : 174/Pdt.G/2020/PA.Psp antara Wardah Lubis binti H. Jafar Lubis sebagai Penggugat melawan Beni Amriadi bin Amaron Nasution sebagai Tergugat. Pemeriksaan setempat tersebut dihadiri oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan (Syams Eliaz Bahri, S.Sy / Ketua Majelis, serta Hakim Anggota Muhammad Rujaini Tanjung, S.H  serta Achmad Sofyan Aji Sudrajad, S.H), Panitera Pengganti (Danil Isnadi, S.H.I), Andri Irama Daulay, S.HI., Ahmad Junaidi, S.Sos., Rahmat Fazari, S.E dan Dedi Saputra, S.HI sebagai tim pengukur internal kantor pengadilan, Penggugat (Wardah Lubis binti H. Jafar Lubis), Tergugat (Beni Amriadi bin Amaron Nasution) di dampingi Kuasa Hukum Tergugat serta Sekretaris Desa Marancar Godang.

Pemeriksaan ini merupakan yang keempat kalinya di tahun 2020 ini yang dilakukan oleh Mejelis Hakim PA Padangsidempuan. Sebelumnya pada bulan September lalu Majelis Hakim juga melakukan pemeriksaan terhadap obyek perkara yang terletak di daerah kecamatan Padang Bolak yang perkaranya masih dalam proses kesimpulan.
ps p bolak

Bapak Syams Eliaz Bahri, S.Sy di sela-sela proses pemeriksaan setempat kali ini menjelaskan “Berdasarkan ketentuan Pasal 180 RBG yaitu :  Apabila dianggap perlu, dapat dilakukan pemeriksaan setempat oleh Hakim sebagai keterangan dalam mengambil keputusan. Oleh karenanya pemeriksaan setempat ini bertujuan Untuk mengetahui dengan jelas dan pasti tentang objek sengketa dari letak, luas, batas-batas serta dari segi kualitas dan kuantitas objek dimaksud serta untuk mencocokan bukti tertulis di persidangan dengan kondisi di tempat objek sengketa” ucapnya.

 PS 1  PS 1 a

Adapun objek pemeriksaan setempat yang dilakukan oleh tim berada dalam tiga (3) lokasi. Pertama, berada di Desa Marancar Godhang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa lahan perkebunan. Kedua, berada di Desa Telo, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa tanah yang di atasnya terdapat bangunan rumah dan sebelahnya berupa rumah kontrakan empat (4) pintu. Ketiga, berada di Desa Desa Telo, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa sawah.

Pelaksanaan pengukuran beberapa obyek tersebut yang dilaksanakan oleh tim ukur (Andri Irama Daulay, S.HI., Ahmad Junaidi, S.Sos., Rahmat Fazari, S.E dan Dedi Saputra, S.HI)  sesuai dengan petunjuk dan diawasi langsung oleh Hakim Anggota dan ikut juga Pihak Penggugat, Tergugat yang didampingi Kuasa Hukum Tergugat berjalan dengan lancar meskipun  lokasi  banyak terdapat tumbuhan dan bersebelahan dengan sungai serta dengan kondisi alam yang waktu itu hujan deras.

Setelah melaksanakan agenda pemeriksaan setempat tersebut, kemudian tim langsung beranjak meninggalkan beberapa lokasi yang menjadi obyek sengketa tersebut. Ketua Majelis beranggapan, “Pemeriksaan Setempat untuk tiga objek yang telah dilakukan hari ini sudah selesai dan untuk sisa objek lainnya berupa kebun sawit yang letaknya berbeda dengan objek yang saat ini, maka akan dilaksanakan esok hari dikarenakan hari sudah sore dan cuaca hujan deras serta berkabut”. Setelah berlangsung dengan aman dan tertib selama lebih kurang 7 jam dan dirasa cukup, maka Majelis Hakim menutup sidang Pemeriksaan Setempat pada hari itu dan melanjutkan esok harinya.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan pemeriksaan setempat ini baik aparat desa yang turut membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar” Ujar Ketua Majelis.

  • dukacita.jpg
  • ucapann.jpg