• HUT MARI 75
  • HUT RI 75
  • SIWAS MAHKAMAH AGUNG RI
  • https://ecourt.mahkamahagung.go.id/
  • https://www.lapor.go.id/
  • ZI
  • HB-Welcome
  • HB Visi
  • HB Misi

PS 2Jumat (09  Oktober 2020) Majelis hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan melaksanakan Pemeriksaan Setempat di daerah Lingkungan X, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan. Pelaksanaan Pemeriksaan Setempat lanjutan tersebut atas perkara Harta Bersama Nomor : 174/Pdt.G/2020/PA.Psp antara Wardah Lubis binti H. Jafar Lubis sebagai Penggugat melawan Beni Amriadi bin Amaron Nasution sebagai Tergugat. Pemeriksaan setempat tersebut dihadiri oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Padangsidempuan (Syams Eliaz Bahri, S.Sy / Ketua Majelis, serta Hakim Anggota Muhammad Rujaini Tanjung, S.H  serta Achmad Sofyan Aji Sudrajad, S.H), Panitera Pengganti (Danil Isnadi, S.H.I), Ahmad Junaidi, S.Sos (Sopir) dan Tim pengukur dari BPN dua orang. Dalam keadaan ini, Penggugat tidak menghadiri pemeriksaan setempat, sedangkan Tergugat yang di dampingi Kuasa Hukumnya tidak bisa menghadiri pada waktu yang sudah ditentukan.

Pemeriksaan setempat ini merupakan lanjutan dari agenda hari sebelumnya yakni Kamis, 08/10/2020 dengan perkara Harta Bersama. Ketua Majelis membuka proses pelaksanaan pemeriksaan setempat tersebut di ruang sidang Pengadilan Agama Padangsidempuan yang kemudian dilanjutkan dengan check lokasi secara langsung. Adapun objek yang dijadikan tempat pemeriksaan setempat tersebut berada di Lingkungan X, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan berupa kebun sawit seluas kurang lebih 16 hektar.

Pelaksanaan pengukuran objek lahan sawit tersebut, Majelis Hakim sudah berupaya meminta bantuan kepada tim pengukur dari BPN dan mendapatkan persetujuan dari kantor BPN secara langsung. Tim Pengukur dari BPN sudah membawa alat-alat ukur yang sudah siap untuk digunakan setibanya nanti di lokasi.

Selama empat (4) jam perjalanan darat menuju ke objek pemeriksaan dengan kondisi cuaca yang sedikit ekstrim, hujan dan jalan yang berlumpur tetap kami laksanakan ke lokasi. Setelah setibanya di pintu masuk PT. ANJ (Austindo Nusantara Jaya) Tbk yang bergerak di bidang produksi dan penjualan minyak kelapa sawit, inti sawit dan hasil pangan berkelanjutan kami harus meminta izin kepada unit penjaga gerbang. Setelah mendapatkan izin memasuki perkebunan sawit tersebut, kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi. Sesampainya di perbatasan antara PT dan Kelurahan Pardomuan, ternyata terjadi banjir yang mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan pemeriksaan setempat tersebut.

Kondisi demikian (banjir) mengakibatkan pemeriksaan setempat tidak bisa dilaksanakan dikarenakan ketinggian banjir sekitar perut orang dewasa dan jalanan yang dilalui tidak bisa dilewati. Oleh sebab itu, Ketua Majelis berpendapat bahwa untuk agenda pemeriksaan setempat ini tidak dapat dilaksanakan dengan alasan kondisi alam berupa banjir di wilayah perbatasan PT. ANJ dengan Kelurahan Pardomuan.

  • dukacita.jpg
  • ucapann.jpg